Minggu, 27 Januari 2008

Mewaspadai Nyeri Punggung Bawah

Sebagian besar penyebab nyeri punggung bawah adalah bukan masalah kesehatan yang serius. Hanya kurang lebih 5% dari kasus nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius (tumor, infeksi saraf tulang belakang). Gejala dan tanda bahwa suatu nyeri punggung disebabakan suatu penyakit yang serisu disebut “red flags”

“Red flags” adalah gejala atau tanda fisik yang memberi petunjuk akan adanya kelainan serius seperti fraktur, kanker, infeksi, dan sindrom kauda. “Yellow flag” adalah faktor psikologis yang memberi petunjuk bahwa nyeri pinggangnya cenderung berkembang menjadi kronik.
Pelacakan akan kausa non mekanik sangat ditentukan oleh ada tidaknya ”red flags” , yang menggambarkan adanya kecurigaan akan penyebab NPB yang serius. Nyeri pada saat istirahat, kelemahan tungkai, gangguan buang air kecil dan buang arir besar, rasa baal di tungkai, riwayat trauma yang signifikan, dan riwayat kanker/ infeksi spesifik merupakan berbagai ”tanda bahaya” pada NPB (Cohen, 2001). Bila anda mengalami nyeri punggung dengan salah satu atau lebih ”tanda bahaya” tersebut, maka segeralah berobat ke dokter.

Keterlibatan sistem saraf dicurigai apabila dalam anamnesa ditemukan gejala nyeri yang sifatnya menjalar sampai di bawah lutut, nyeri memburuk dengan berjalan, gangguan buang air kecil/ buang air besar, dan kelemahan pada tungkai. Dokter anda akan melakukan pemeriksaani yang teliti untuk konfirmasi (Gow, 2003).

Pemeriksaan penunjang akan sangat ditentukan oleh hasil wawancara dan pemeriksaan fisik. Pada kasus-kasus tanpa adanya ”red flags”, pemeriksaan pencitraan/ imaging dapat ditunda terlebih dahulu. Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan pemeriksaan terpilih pada kasus-kasus dengan kecurigaan penyakit serius di sistem saraft tulang belakang (Gow, 2003).

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Yuk Mari buat kalian yang masih mencari lowongan mampir ke website Lokerpro.com setiap hari bakal update info mengenai lowongan2 kerja >> Lowongan kerja terbaru di www.lokerpro.com