Kamis, 03 Januari 2008

Hipertensi sebagai maslaah global


Bu Joyo (67 tahun) terbaring lemah di tempat tidur ruang UGD rumahsakit. Bu Joyo mengalami kelumpuhan lengan dan tungkai kiri akibat stroke. Hasil pemeriksaan CT Scan kepala menunjukkan adanya perdarahan di otak sebelah kanan. Tekanan darah Bu Joyo adalah 210/110 mmHg. Dokter bertanya pada keluarga Bu Joyo “sudah lama punya darah tinggi?”. Keluarga menjawab “sudah dok, tapi lama tidak kontrol”. Dokter bertanya kembali “lho kenapa tidak kontrol?”. Keluarga bu Joyo menjawab “karena tidak ada keluhan dok”.


Kasus diatas sungguh-sungguh terjadi di UGD RS tempat penulis bekerja. Kasus tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak kasus yang menunjukkan bahwa hipertensi adalah “the silent killer”, si pembunuh diam-diam. Hipertensi saat ini masih menjadi faktor risiko kematian tertinggi di seluruh dunia. Data yang dikumpulkan dari berbagai literatur menunjukkan jumlah penderita hipertensi dewasa di seluruh dunia pada tahun 2000 adalah 957-987 juta orang. Prevalensinya diduga akan semakin meningkat setiap tahunnya, sampai mencapai angka 1,56 milyar (60% dari populasi dewasa dunia) pada tahun 2025.

Hipertensi merupakan masalah global di dunia. WHO menetapkan hipertensi sebagai faktor risiko nomor tiga penyebab kematian di dunia. Hipertensi bertanggung jawab terhadap 62% timbulnya kasus stroke, 49% timbulnya serangan jantung. Tujuh juta kematian prematur tiap tahun disebabkan oleh hipertensi.

Pada tahun 2004, biaya yang dikeluarkan untuk pengendalian tekanan darah ini mencapai 56 juta $ USA. Hipertensi dianggap sebagai masalah serius yang harus diprioritaskan dalam penanganan masalah kesehatan global.

Data yang tersedia di Indonesia dari penelitian di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, pada tahun 2006, menyatakan kesadaran akan hipertensi sebesar 50%, angka pasien yang minum obat 50%, sedangkan hipertensi terkontrol 50%.

Tidak ada komentar: