Selasa, 05 Februari 2008

Gejala Pikun

Gejala awal demensia ditandai oleh “mudah lupa”. Mudah lupa ini ada yang bersifat “beniga”/ mudah lupa wajar, dan bersifat “maligna”/ mudah lupa yang sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala yang sering dikeluhkan adalah lupa nama, lupa janji, lupa menaruh benda, lupa nama peristiwa, dsb. Pada kondisi ini aktivitas sehari-hari masih dapat dilakukan dengan baik, Gejala yang khas dan paling sering dilaporkan dari berbagai penelitian adalah lupa menaruh barang, sehingga muncul lelucon bahwa pada tahap ini seseorang akan mengikuti cabang olahraga baru yaitu “mencari-cari kacamata”.
Gejala akan berlanjut menjadi “mudah lupa yang maligna”, suatu kondisi yang disebut dengan Mild Cognitive Impairment. Pada kondisi ini mudah lupa semakin menjadi-jadi. Keluhan tidak hanya disampaikan oleh pasien, namun juga oleh banyak orang di sekitarnya. Aktivitas rutin harian masih normal, tetapi ada gangguan sedikit dalam aktivitas yang kompleks (misalnya: berberlanja). Kondisi ini di banyak kultur masih sering dianggap wajar, “bila sudah tua, ya wajar mudah lua”. Anggapan tersebut kurang tepat. Bila ditemukan pada tahap ang dini, demensia dapat diperlambat.
Bila penyakit berlanjt, maka akan muncul gejala demensia. Gejala yang umum dijumpai adalah gangguan memori dan ketidakmampuan mempertahankan informasi yang baru. Memori yang terganggu pada umumnya adalah memori jangka pendek. Pada tahap ini pasien seringkali menunjukkan gangguan perilaku, mudah curiga, marah-marah, sering berbohong, dan perilaku lain yang tidak wajar. Aktivitas harian mulai terganggu. Pada tahap yang lebih lanjut sering dijumpai gangguan tidur malam hari, kesulitan menemukan kata-kata, dan kehilangan kontrol atas buang air kecil dan buang air besar. Pada tahap akhir penyakit, pasien lebih banyak di tempat tidur, dan sepenuhnya tergantung pada bantuan orang lain.

3 komentar:

supplier_mr mengatakan...

informasi yang bermanfaat pak. terima kasih!

ditunggu kehadirannya di healtyzonenews.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Artikelnya keren dan bermanfaat bagi banyak orang,,,di klik juga ya Artikel kesehatan terbaru

Unknown mengatakan...

Yuk Mari buat kalian yang masih mencari lowongan mampir ke website Lokerpro.com setiap hari bakal update info mengenai lowongan2 kerja >> Lowongan kerja terbaru di www.lokerpro.com